Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-komentar-facebook-di-blogger.html#ixzz2S1VblPid Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook
Selamat datang di WardahBiotik.Blogspot.Com

Berapa Banyak Jumlah Gigi yang Dibutuhkan?

Friday 22 January 20100 komentar

Jakarta, Orang dewasa memiliki 32 gigi termasuk gigi bungsu di belakang yang pada banyak orang telah dicabut. Bagaimana jika jumlah gigi kurang dari itu? Berapa jumlah gigi yang benar-benar dibutuhkan?

Gigi manusia berevolusi terakhir kali pada saat seseorang memasuki usia 45-50 tahun atau dikatakan telah lebih dari cukup dalam menemani perjalanan manusia.

Gigi yang rusak atau busuk bisa terjadi sejak masa anak-anak, tapi jika kerusakan sudah parah atau tidak mendapat dukungan lagi dari gusi maka biasanya gigi sudah tidak bisa dipertahankan. Untuk mengganti gigi yang rusak banyak orang memilih implan gigi agar jumlah giginya lengkap.

Fungsi inti dari gigi adalah membantu seseorang untuk makan (mengunyah dan merobek makanan) serta berbicara. Nah, peneliti menemukan untuk menunjang fungi minimum dari gigi setidaknya diperlukan 20 dari 32 gigi yang ada. Karenanya jika masih memiliki gigi lebih dari 20 tidak terlalu bermasalah kalau tak menggunakan gigi palsu.

Tapi bagi orang yang hanya memiliki jumlah gigi sebanyak 20, dokter gigi berpendapat masih tetap bisa bekerja dengan baik asalkan memusatkan kerjanya pada gigi depan. Gigi depan merupakan bagian gigi yang penting secara penampilan, sedangkan gigi geraham adalah bagian gigi yang paling sulit dan mahal dalam hal melakukan pengobatan.

Seperti dikutip dari Independent, Rabu (20/1/2010) orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun biasanya akan mulai kehilangan mahkota atau lapisan dari gigi. Sehingga dibutuhkan pemeliharaan yang lebih rumit dibandingkan dengan orang dewasa muda. Profesor Jimmy Steele, ketua dari sekolah kedokteran gigi di Newcastle University menuturkan hal ini akan mendorong meningkatnya biaya perawatan.

Saat ini fungsi dari gigi tidak hanya sebatas membantu mengunyah atau berbicara, tapi juga pada faktor estetika atau penampilan. Meskipun jumlah gigi yang dimiliki lebih dari 20, tapi jika akibat gigi yang hilang dapat merusak penampilan maka implan gigi tetap dilakukan oleh sebagian orang.

Meskipun minimal hanya 20 gigi yang dibutuhkan, bukan berarti seseorang bebas mencabut atau tidak merawat giginya dengan baik. Karena gigi merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh. Kehilangan satu gigi saja sudah termasuk dalam bentuk kecacatan.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Beri Komentar Untuk Entri Ini Sebagai Tanda Persahabatan dan dukung artikel saya sebagai peserta ME-Awards 2013

 
Support : WardahBiotik
Copyright © 2013. Wardah Biotik - All Rights Reserved
Template Created by WardahBiotik
Proudly powered by Blogger